Pola Pikir Seorang Copywriter

Copywriting

Penjelasan Copy , Copywriting, Konversi

 

Copy: teks yang digunakan dalam penjualan atau pemasaran, biasanya kita temui di landing page, iklan, website, brosur, dan lain-lain.

Meskipun dalam perkembangannya, copy bukan lagi hanya teks.

(berbeda dengan copy yang berarti salin)

Copywriting: proses/teknik menulis copy. (penulisnya disebut copywriter)

Konversi: ketika seseorang yang anda target mengambil tindakan yang anda inginkan. Misalnya membeli produk, mendaftar anggota, membuat akun, mendownload, dan lain-lain.

Kalau dalam penjualan, konversi sering disebut closing.

Tapi di sini akan kita gunakan istilah konversi karena copywriting sendiri bukan hanya untuk penjualan.

Jadi, teknik copywriting adalah teknik membuat copy yang mampu meningkatkan konversi secara drastis.

Mengapa kita membutuhkan dan mempelajari copywriting? Mempunyai nilai tambah yang lebih, 2 produk yang sama persis bisa mendapatkan respon yang jauh berbeda oleh orang lain.

Pola Pikir yang harus dimiliki Seoarang Copywriter

#1 Copywriting bukan (cuma) penulis

Pemasaran pada saat ini tidak hanya mengandalkan tulisan. Sekarang ada media iklan dan pemasaran berbentuk gambar, video, dan audio,  maka sebagai copywriter tugas anda termasuk membuat konsep gambar dan script dalam video.

#2 Tidak ada yang peduli dengan anda

Ini adalah contoh copy dari sebuah sales page bisnis sungguhan (nama dan alamat disamarkan).

RajaKostum didirikan pada awal tahun 2009 di Surabaya, dengan penggagas ide: Sinta Cahya SE, MM. RajaKostum merupakan toko online yang dikembangkan dari toko offline yang telah ada dengan brand “Kostum Kustom” yang terletak di Jl. Pahlawan 10, Surabaya.

Kami membuat kostum secara personal / customized dan dijual maupun disewakan untuk event-event seperti : Karnaval, Hari Raya Nasional, Tujuhbelasan, Perlombaan, Ultah, Hari Raya Agama, Halloween, Event Televisi, Pameran, Acara Perusahaan, Pentas Busana, Pesta, Event Sekolah, Pre Wedding, Foto Angkatan dan lain-lain.

Banyak klien kami yang berasal dari Sekolah bertaraf Internasional dan Sekolah-Sekolah Nasional, Event Organizer serta Perusahaan-Perusahaan maupun pribadi.

99,9% tidak akan membaca. kalau mereka ingin menyewa kostum,  mereka tidak membutuhkan informasi sejarah, apalagi nama pendiri toko.Seorang copywriter harus mengetahui apa informasi yang paling dibutuhkan oleh calon kustomer mereka. Kemudian sediakan informasi tersebut.

#3 Lakukan penjualan seolah-olah kepada 1 orang saja

Membuat Buyer Persona  (perwakilan rata-rata dari kustomer ideal anda).

#4 Jangan menjadi robot

Gunakan bahasa sehari-hari yang sering mereka gunakan di antara kalangannya sendiri ketika mengeluhkan sesuatu terkait fungsi produk anda.

4 Kesalahan paling mendasar dalam Copywriting:

  1. Tidak memikirkan apa yang terjadi di pikiran orang lain ketika membaca tulisan anda
  2. Terlalu fokus dengan diri sendiri
  3. Berbicara ke orang yang salah
  4. Membosankan dan sulit dimengerti

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s