4 Kategori Search Intent

Tidak semua keyword punya nilai yang sama. Ada keyword yang banyak dicari orang tapi sama sekali tidak berguna dan keyword yang volumenya sedikit tetapi mempunyai nilai yang tinggi.

Search intent diartikan sebagai apa maksud atau tujuan dari pencarian yang dilakukan.

search-intent_categories-581x400

Contoh : 

handphone xiaomi -> “Ingin mengetahui jenis handphone dari web resmi Xiaomi”

beli handphone xiaomi -> “Ingin membeli Handphone Xiaomi”

handphone xiaomi dibawah 2 jutaan -> “Ingin mencari artikel rekomendasi laptop Xiaomi berdasarkan harga”

Google paham bahwa orang yang menggunakan kata kunci “beli handphone xiaomi” pasti ingin membeli, maka dari itu halaman produk dari toko online akan mendapatkan peringkat atas.

Search intent #1 – Informational

Seperti namanya, orang yang menggunakan keyword informational pasti butuh informasi dengan cepat.

Contohnya:

  • “kalori tempe”
  • “siapa presiden pertama indonesia?”
  • “nilai dolar amerika hari ini”
  • “cara membuat blog”
  • “gejala demam berdarah”

28

Quick Answer Box , fitur dari Google. Fitur ini membuat pengunjung tidak perlu membuka situs dari informasi yang akan dicari. Sehingga otomatis berdampak pada jumlah pengunjung pada website/blog.  Masih dalam Keyword pencarian dalam Berbahasa Inggris, tetapi mungkin saja suatu saat akan ada untuk Bahasa Indonesia.

Google selalu berevelosi

Search intent #2 – Navigational

Keyword jenis ini biasanya volumenya besar, tapi tidak ada manfaatnya.

Biasanya karena si pencari ingin langsung mengunjungi suatu website ketika melakukan pencarian, maka dari itu website lainnya tidak akan mendapatkan pengunjung.

Contohnya:

  1. “garuda indonesia”
  2. “kaskus lounge”
  3. “login facebook”

Gambar-Komen-Permisi-Numpang-LewatMereka yang menulis keyword tersebut pasti ingin langsung ke website resminya, mereka cuma menggunakan Google sebagai sarana ‘numpang lewat’.

 

Search intent #3 – Commercial Investigation

Ketika akan membeli suatu produk, apalagi yang harganya tinggi, biasanya kita tidak langsung beli begitu saja. Kita akan search dulu di Google.

Kita akan membaca-baca dulu supaya tahu betul mana yang terbaik, belinya dimana, harganya berapa, apakah sedang ada promo atau tidak.

Contoh:

  • “hp android di bawah 5 jutaan”
  • “harga kamera canon d330”
  • “tempat kursus bahasa inggris di bandung”
  • “web hosting terbaik di indonesia”

keyword jenis ini berpotensi menghasilkan pembeli , tetapi terkadang mereka hanya mencari informasi produk yang akan dibeli saja.

Search intent #4 – Transactional

Orang yang melakukan pencarian di Google menggunakan keyword transactional berarti sudah siap membeli suatu produk/jasa.

Contoh:

  • “beli baju batik online”
  • “jual sepatu futsal nike”
  • “iphone bekas murah”

 

Advertisements

One thought on “4 Kategori Search Intent

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s