Elemen Pemicu Popularitas Konten

Apa itu pemicu popularitas konten?

Seorang konten marketer yang baik mengerti apa yang harus mereka lakukan dalam proses pembuatannya supaya setiap konten mereka jadi populer.

Konten dalam bentuk apapun, termasuk gambar, video, audio, atau tulisan.

Dengan menyertakan keenam elemen, maka konten anda akan berpotensi:

  1. Mendapatkan banyak share dari pembaca
  2. Mendapatkan banyak backlink dari website lain

Inilah mengapa 6 elemen pemicu popularitas ini sangat bermanfaat bagi anda pembuat konten.

Tidak hanya popularitas dari social media, tapi konten anda juga akan mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari.

The-Perfect-Marriage-Of-Content-And-Social-Media-How-To-Make-It-Work-For-Your-Business.jpg

#1 Kebanggaan diri

Kebanggaan

Orang-orang akan membagikan konten yang membuat dirinya sendiri terkesan positif

Sesuatu yang belum disadari oleh sebagian besar orang

Kunci dari elemen pertama adalah membuat konten yang isinya belum diketahui banyak orang.

Metode baru untuk mempermudah pekerjaan atau menyelesaikan masalah

Tidak perlu 100% baru.Tunjukkan bahwa dengan metode anda, hasil yang didapatkan jadi lebih sempurna.

Perbandingan antara 2 hal atau lebih

Pembahasan mengenai individu atau organisasi tertentu

Negatif maupun positif, kita sebagai manusia akan tertarik kalau sesuatu yang kita ikuti dibahas secara eksklusif.

Pembahasan positif mengenai suatu hal

Membahas secara positif mengenai hal tertentu akan membuat orang yang antusias terhadap hal tersebut menyebarkan konten anda.

#2 Mudah diingat

Mudah-Diingat

Gunakan istilah/nama baru

Gunakan gambar untuk menjelaskan

Format penulisan yang mudah dibaca

f_reading_pattern_eyetracking

Jelaskan secara terperinci langkah demi langkah

#3 Topiknya populer

Populer

Ini beberapa indikasi topik yang populer:

  1. Selalu jadi bahasan populer di suatu kalangan
  2. Ada acara, event, atau kejadian baru
  3. Suatu masalah besar yang belum ada panduan penyelesaiannya

Untuk bisa menemui topik-topik seperti ini, ada beberapa caranya:

  • Selalu ikuti perkembangan berita mengenai topik utama anda
  • Bergabung dalam situs komunitas yang topiknya sesuai, lihat masalah yang dialami anggota komunitas
  • Pelajari mengenai keyword research untuk mengetahui jumlah pencarian suatu topik

#4 Membangkitkan perasaan

Perasaan

Gambar di bawah ini merupakan analisa dari BuzzSumo terkait konten dengan emosi apa yang paling sering populer.

Popular-Emotions.png

Ternyata hasilnya ada 4 emosi yang paling sering muncul:

  1. Kagum (Awe)
  2. Tawaan (Laughter)
  3. Terhibur (Amusement)
  4. Bahagia (Joy)

#5 Bercerita

Bercerita

Anda bisa menambahkan unsur cerita ke dalam konten apapun. Tutorial maupun informasional.

Cara termudah yaitu dengan menulis artikel dari sudut pandang orang pertama. Seolah-olah anda sedang memberikan presentasi di depan umum.

Dengan memberikan “saya” dan “anda”, konten anda akan jadi lebih personal dan pembaca akan jadi lebih peduli.

  • Studi kasus
  • Wawancara dari ahlinya
  • Menggunakan referensi yang terpercaya

#6 Dapat dipraktekkan

Dapat-Dipraktekkan

Pilih topik yang langsung bisa dilaksanakan

Tidak semua topik langsung bisa diaplikasikan oleh pembaca.

Misalnya “cara mendapatkan uang 1 milyar”. Jumlah ini terlalu besar, anda tidak akan bisa membuat langkah demi langkahnya dalam 1 konten.

Sehingga konten tersebut hanya jadi sebuah informasi.

Tapi ada caranya mengubah topik informasi jadi siap pakai.

Berikan langkah-langkahnya secara detail

Gunakan gambar untuk setiap tahapan

Advertisements

4 thoughts on “Elemen Pemicu Popularitas Konten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s