Membuat Blog yang Sukses

Setiap orang yang berkecimpung dalam dunia online marketing pasti mempunyai blog, baik itu personal maupun sebuah perusahaan. Tapi tidak semua blog itu sukses.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan blog, tapi faktor utamanya yaitu karena sang pemilik blog sibuk fokus ke hal-hal yang tidak terlalu penting.

Sehingga mereka lupa melakukan hal yang sangat vital untuk kesuksesan blognya.

blog

#1 – Tentukan niche

Blog terbaik selalu fokus dalam satu niche. Tidak kurang, tidak lebih.

Mengapa?

Dengan fokus di 1 niche, kita bisa menjadikan blog tersebut sebagai sumber informasi utama bagi masyarakat luas yang tertarik dengan niche tersebut.

Ada 2 cara untuk menentukan niche apa yang sebaiknya anda pilih:

  • Sesuaikan dengan passion, minat, dan bakat
  • Sesuaikan dengan industri usaha/bisnis anda

#2 – Tentukan domain, hosting, platform, template

Nama domain yang anda pilih harus brandable. Tidak terlalu panjang dan enak diucapkan.Dan Gunakan hosting yang sudah populer dan terpercaya. Jangan pikir panjang soal hosting.

#3 – Tentukan metode monetisasi

Tujuan utama anda membuat blog mungkin untuk mendapatkan penghasilan. Tapi jangan fokus dengan uang di awal proses blogging.

Fokuslah untuk membantu orang lain yang membutuhkan informasi.

#4 – Lakukan keyword research

Proses keyword research dilakukan terutama untuk menentukan topik-topik turunan dari niche utama anda.

Misalkan untuk blog ber-niche kopi:

  • Review produk kopi
  • Informasi dan review produk kopi
  • Lokasi (kafe) yang menyediakan kopi
  • Alat/mesin yang berhubungan dengan kopi
  • Panduan lain terkait kopi

#5 – Temukan siapa calon pembaca

Tujuannya yaitu :

  • Mengetahui apa yang ingin mereka pahami
  • Mengetahui seperti apa gaya bicara mereka secara online
  • Untuk menjalin hubungan dan membangun reputasi
  • Sebagai target promosi kita nanti

Mereka ini adalah orang-orang yang akan membayar anda. Jangan sampai anda tidak paham karakteristik mereka.

Tidak sulit menemukan mereka, kunjungi beberapa tempat ini:

  • Situs forum – gunakan Google dengan keyword: [niche] + forum
  • Facebook Groups – lakukan search di FB untuk menemukan grup terkait niche anda
  • Google+ Communities – sama seperti FB
  • Twitter, Instagram, dsb. – pelajari #hashtag apa yang sering digunakan

#6 – Temukan siapa blogger lain dalam niche yang sama

Ada beberapa alasan mengapa kita harus menemukan mereka.

Pertama, yaitu untuk mempelajari blog seperti apa yang paling sukses dalam niche tersebut. Tugas anda adalah membuat blog yang jauh melebihi mereka.

Kedua, untuk memahami topik apa yang sering dibahas dan apa yang sering mereka rekomendasikan.

Ketiga, untuk menjalin hubungan dengan mereka. Ini yang paling penting. Kalau anda tidak berhubungan baik dengan blogger lain, sangat sulit untuk bisa sukses.

Keempat, terakhir, konten yang anda buat harus membuat mereka kagum.

#7 – Buat perencanaan konten

Tujuan membuat perencanaan konten adalah supaya konten di blog anda tertata secara rapi dan optimal.Supaya setiap konten di blog anda bernilai, bukan sekedar tulis-publish-tulis-publish.

#8 – Pelajari (dan aplikasikan) SEO

Yang perlu anda ketahui mengenai SEO untuk blog hanya dasar-dasarnya, terutama konsep bagaimana mesin pencari merangking situs dan apa yang bisa anda lakukan.

(Baca : Panduan Belajar SEO)

#9 – Buat konten berkualitas

Berikut ini ciri-ciri konten terbaik yang akan populer:

  • Berupa panduan atau pedoman lengkap
  • Solusi dari masalah yang belum ada penyelesaiannya
  • Jawaban dari pertanyaan yang selalu membuat orang bingung
  • Bukan berita, tapi analisa dari suatu berita
  • Belum pernah ada konten yang bahasannya/isinya sama

#10 – Aktif sebagai manusia di social media

  • Untuk berkomunikasi dengan pembaca
  • Menjalin hubungan dengan influencer
  • Mendapatkan ide konten, seperti yang dibahas tadi
  • Mempromosikan konten
  • Membagikan konten orang lain

#11 – Lakukan promosi/distribusi konten

Ada 2 golongan sasaran anda dalam melakukan promosi, yaitu ke:

  • Audience – calon pembaca yang jelas tertarik dengan niche/industri anda.
  • Influencer – orang-orang yang memiliki audience sendiri, misalnya blogger atau orang yang sering memberikan ilmu di forum dan social media.

Untuk memasarkan ke audience, gabunglah ke forum komunitas sebagai orang yang rutin menjawab pertanyaan anggotanya. Jadilah influencer.

Sementara untuk memasarkan ke influencer, anda harus menjalin hubungan dengan mereka. Bisa melalui komentar blog, atau lebih bagus lagi lewat social media dan email.

Jangan menghubungi mereka sekedar untuk minta promosi.

#12 – Bangun email list

email-roi.png

#13 – Analisa hasil kerja

Fungsi-analytics.png

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s