Teknik Mempromosikan Konten Blog untuk Mendapatkan Ledakan Pengunjung

Hindari keasalahan-kesalahan dalam mempromosikan konten blog anda dan jangan sampai membuat spam di blog orang lain , dan lakukan tips berikut ini :

content marketing

1. Menyiapkan ‘umpan’ sebelum konten diterbitkan

Pemilihan topik dan isinya.

Topik dari konten anda harus bersifat urgent atau mendesak. Topik yang membuat orang lain merasa bahwa mereka harus baca saat ini juga.

Lebih bagus lagi topik yang bisa membuat mereka berpikir “teman-teman saya harus baca ini juga!”.

Sedangkan untuk isinya, sebaiknya:

  1. Kredibel – ada data/fakta dari sumber terpercaya
  2. Praktis – bisa langsung dilakukan oleh pembaca
  3. Emosional – memancing emosi positif/negatif

2. Buat email list dan kirimkan setiap kali ada konten baru

Anda mendapatkan 1000 pengunjung dari berbagai tempat.

Tanpa email list berarti 1000 orang tersebut akan pergi. Sehingga lain kali anda mempromosikan konten berarti anda harus mencari mereka lagi.

Tapi kalau anda sambil membangun email list, jadi seperti ini:

Ada 1000 orang yang datang, beberapa di antaranya menjadi subscriber.

3. Dapatkan follower dan post konten ke social media

Caranya dengan memasang tombol/link/widget untuk mempermudah pengunjung menuju akun social anda.

4. Sebutkan blogger lain di konten, lalu beritahu mereka

Bisa melalui email, untuk meminta agar postingan yang berkaitan dengan milik kita bisa dierekomendasikan untuk dimasukkan kedalam postingannya.

5. Gabung ke Facebook Group yang bersih

6. Gabung ke Google+ Communities

7. Gabung ke situs forum

8. Ubah bentuknya lalu publish di berbagai tempat

Kalau anda punya konten berupa artikel, anda bisa membuat video, PDF, atau infografis dengan isi yang sama persis.

Ini beberapa situs populer yang bisa kita manfaatkan:

  1. SlideShare – slide presentasi
  2. YouTube, Vimeo, DailyMotion – video
  3. Kompasiana, Medium, Rubrik OkeZone – artikel
  4. Visual.ly – infografis (lihat website lainnya)
  5. iTunes, SoundCloud – podcast
  6. Scribd – ebook

9. Monitor percakapan dan konten baru yang relevan

Ada beberapa tool yang bisa kita gunakan untuk memonitor.

  1. Google Alerts
  2. Fresh Web Explorer
  3. Mention

10. Tulis komentar yang cerdas dan bermanfaat di blog lain

Komentar blog itu bermanfaat:

  1. Mendapat pengunjung langsung (meskipun tidak banyak)
  2. Jadi dikenal oleh si pemilik blog (kalau komentarnya luar biasa)

11. Guest blogging di blog yang populer

Guest blogging di blog yang populer.

Dengan begitu pembaca dari blog tersebut akan langsung mengenal anda dan langsung menuju website anda sendiri.

Ada bonus lain,

Melalui guest blogging karena kita juga mendapatkan backlink maka peringkat di mesin pencari juga akan meningkat drastis.

12. Buat supaya pembaca bisa bantu mempromosikan

Ini tipsnya:

  1. Gunakan 6 elemen pemicu popularitas
  2. Gunakan gambar yang menarik
  3. Buat artikel panjang (> 2500 kata)
  4. Sediakan tombol share
  5. Minta mereka untuk share

13. Hubungi mereka yang sudah pernah share konten sejenis

Logikanya:

Kalau seseorang sudah pernah share konten dalam suatu topik, mereka akan cenderung lebih menerima kalau kita tawarkan konten yang sejenis.

Pertama-tama, cari konten yang sejenis dengan konten anda.

Biasanya dalam proses riset saat membuat artikel kita sudah menemukan banyak artikel yang sejenis. Simpan link-link artikel tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s