Tips Meningkatkan Efektifitas Lead Magnet

Berikut ini ada 10 tips yang bisa anda ikuti mulai dari pembuatan, penerapan, sampai promosinya.

leadmagnetv2

Tips 1: Buat lead magnet yang spesifik terhadap konten

Lead magnet mendapatkan angka tertinggi, lebih dari 10%: Isinya berhubungan dengan apa yang sedang dijelaskan di dalam konten tersebut. Para pembaca merasa bahwa mereka butuh isinya.

Tips 2: Buat lebih dari satu lead magnet

Lebih bagus lagi kalau kita punya 2 jenis:

  1. Lead magnet yang sifatnya umum dan nilainya tinggi, misalnya ebook. Tampilkan di seluruh halaman website
  2. Lead magnet lainnya yang spesifik terhadap konten. Tampilkan sebagai bonus ketika pengunjung membaca konten tersebut

Tips 3: Lakukan segmentasi email list

Orang-orang yang masih dalam tahap awareness, misalnya, tidak akan suka kalau belum apa-apa sudah kita minta untuk membeli. Karena mereka masih “belajar”.

Itu tujuan dari segmentasi.

Proses segmentasi ini akan jadi jauh lebih mudah kalau anda punya lead magnet yang spesifik terhadap isi dari halaman tertentu di website anda.

Tips 4: Jelaskan manfaat apa yang akan mereka dapatkan

Lebih dari 50% orang yang mengunjungi website anda adalah orang yang awam.

Akibatnya, lead magnet anda tidak akan jadi efektif.

Maka dari itu, jelaskan secara singkat apa yang akan mereka dapatkan dan apa manfaatnya untuk mereka.

Tips 5: Pelajari copywriting

Pembuatan landing page, optin form, dan keseluruhan proses email/direct marketing itu sangat bergantung dengan skill copywriting.

Tips 6: Lakukan A/B test

A/B test itu pengujian yang dilakukan terhadap 2 (atau lebih) elemen dalam kondisi yang sama.

Dalam hal ini, yang diuji adalah lead magnet dan optin formnya. Tulisannya, isinya, atau desainnya.

Supaya bisa mendapatkan konversi yang maksimal.

Tips 7: Manfaatkan social media untuk mendapatkan banyak peminat

Promosikan lead magnet anda ke komunitas-komunitas di social media dan forum supaya bisa langsung mendapatkan banyak subscriber.

Tips 8: Coba lead magnet yang tidak gratis?

Ada banyak orang yang sebetulnya tidak akan tertarik untuk membeli produk atau layanan dari anda. Mereka cuma ingin gratisan.

Kalau orang-orang ini masuk ke list anda, artinya anda buang-buang uang.

Maka dari itu, coba membuat lead magnet yang tidak gratis, tapi harganya sangat murah.

Misalnya ebook seharga Rp 20.000-50.000.

Akan lebih sedikit orang yang tertarik, tapi list anda akan jadi lebih berkualitas karena diisi oleh orang yang benar-benar berminat dan rela mengeluarkan uang.

Tips 9: JANGAN memberikan janji palsu

Misalnya orang-orang yang membuat ebook atau lead magnet lain yang katanya bisa membuat mereka mendapatkan ratusan juta atau milyaran, bahkan sambil tiduran.

Secara logika kita tahu ini mustahil…

…tapi banyak juga orang yang tertarik.

Kalau anda buat janji palsu seperti itu, saya yakin pasti banyak yang akan tertarik dan mendaftar.

Tapi setelah mereka tahu bahwa isinya omong kosong, mereka akan jadi benci dengan anda.

Hal-hal seperti ini justru akan merusak reputasi.

Tips 10: Rencanakan langkah selanjutnya setelah mereka mendaftar

Ini beberapa contoh yang bisa anda kirimkan:

  1. Ucapan selamat datang
  2. Ajakan untuk berdiskusi
  3. Konten yang bermanfaat bagi mereka
  4. Promosi
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s