Tips dan Langkah Menulis Iklan untuk Meningkatkan Penjualan

Dalam Dunia Bisnis Online , terkadang ada beberapa orang yang mengalami perbedaan pendapatan, padahal produk/jasa yang ditawarkan sama. Lalu apa yang membedakannya?

Kuncinya adalah dalam penulisan iklan.

Secara tidak langsung, teknik dalam penulisan iklan berpengaruh dalam penjualan produk/jasa yang kita tawarkan.

Lalu bagaimana tips dan langkah menulis iklan untuk meningkatkan penjualan kita dalam bisnis online?

The-FTCs-New-Native-Ad_shutterstock_164107328.jpg

Langkah Pertama

Sebelum menulis iklan kita harus menentukan target pemasaran kita akan ditujukan untuk siapa dan mengapa, atau biasa kita kenal dengan istilah buyer persona.

jika anda masih kebingungan mengenai apa itu buyer persona, Mungkin postingan saya sebelumnya ini dapat membantu, KLIK DISNI

Mereka gagal karena menjual kepada orang yang salah.

Selanjutnya adalah …

Menemukan keunggulan produk, Menyiapkan fakta-fakta pendukung kredibilitas, Membuat penawaran tak tertahankan

Menemukan keunggulan produk dengan menyebutkan fakta-fakta apa saja yang ada pada produk yang kita tawarkan. dengan membuat perbandingan tabel Fitur/Fakta dan Manfaatnya.

Menyiapkan fakta-fakta pendukung kredibilitas, yaitu menyebutkan fakta-fakra yang mendunkung produk yang anda tawarkan. Seperti tentang perusahaan yang membuatnya,  Kontak yang dapat dihubungi.

Penawaran merupakan definisi dari iklan itu sendiri, yaitu Anda
memberitahu orang-orang apa yang Anda jual.

Anda boleh mencoba ‘pemanis kesepakatan’ berupa : Bonus tambahan, buy 1 get 1,
diskon untuk 100 pembeli pertama, voucher undian, gratis ongkos kirim, manual
book, dsb.

Kunci keberhasilan „pemanis kesepakatan’ tidak semata-mata terletak pada
besarnya nilai uang yang Anda berikan (seperti diskon 99 % a la MatahariMall.com)
Kadang pemanis bisa berupa rasa aman seperti Jaminan uang kembali….. (jika produk
Anda bagus, tidak akan ada yang mengembalikan produk).

Langkah Kedua

Menulis Iklan,buatlah terlebih dahulu template nya.

Template itu berupa kerangka susunan kalimat dari awal sampai akhir iklan. Setelah
Anda menambahkan bahan-bahan yang Anda kumpulkan di Langkah Pertama,
template itu otomatis menjelma menjadi iklan produk Anda.

iklan.png

contoh iklan.png

contoh iklan 1.png

Langkah Ketiga

Selanjutnya adalah Mengedit, Karena mengedit berarti, Anda membaca ulang iklan memakai perspektif orang yang berbeda.

8 Tips Mengedit Naskah Iklan

Tips #1. Baca dengan suara keras

Dengan membacanya maka kita akan mengetahui kalimat mana yang pas dan kurang cocok untuk iklan tersebut.

Tips #2. Gunakan kata kongkret

Gunakan kata Berkualitas, Harga Saing / Terjangkau

Tips #3. Buang kata-kata tidak perlu

Menghapus kata-kata tersebut, bukan hanya mengubah kalimat Anda menjadi lebih
pendek, tapi juga lebih bertenaga

Tips #4. Gunakan format scannable

Tebalkan Kata yang menjadi Point dan Gunakan Font / Ukuran Font agar lebih Bervariasi dan Bullet Numbering / List.

Tips #5. Gunakan paragraf pendek

Batasi setiap paragraf Anda maksimal berisi 4-5 baris. Ingat, angka 4-5 bukan
jumlah kalimat, tapi jumlah baris.

Tips #6. Hindari huruf besar & tanda seru !!!!

Tips #7. Hemat kreatifitas

Segala elemen grafis hanya menarik perhatian pembaca dari elemen terpenting (satusatunya)
dalam sebuah iklan, yaitu isi copy Anda.
Efek negatifnya bukan hanya itu……
Grafis menambah waktu buka (loading) halaman.

Tips #8. Periksa kesalahan ejaan & ketikan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s